I Believe That You Always Protect Me - Allah

Selasa, 26 November 2013

Resensi Novel


Nama: Febry Ratna S
XI IPA 5 / 12
Resensi Novel Cinta Di Atas Awan
Karena Cinta Itu Memberi dan Menerima
a.         Identitas Buku

Judul Buku             : Cinta Diatas Awan
Nama Pengarang     : Glenn Alexei
Nama Penerbit        : Media Pressindo
Tahun Terbit          : 2007
Jumlah Halaman     : iv + 274 halaman
ISBN                      : 9789799110435
Harga Buku            : Rp 39.000

b.   Sinopsis Buku
Menjadi seorang pramugari adalah cita-cita Karina dari dulu, jadi saat dia telah menjadi pramugari di salah satu perusahaan terbang Internasional di Singapura, dia begitu senang dan semangat saat bertugas. Karina adalah anak yatim piatu yang di tinggal mati oleh kedua orang tuanya beserta abangnya sejak kecil. Dia tinggal di Singapura sendiri, hanya di temani oleh Sandra, temannya sesama pramugari di satu perusahaan.
Dari kecil sampai sekarang Karina begitu menyukai langit, dan langit jugalah yang mempertemukannya dengan Jimmy, salah seorang penumpang pesawat saat Karina sedang bertugas. Pada waktu itu, Karina ingin menolong Jimmy yang sedang sakit tapi ternyata takdir mempertemukan mereka kembali untuk kedua kalinya. Tidak menyia-nyiakan kesempatan Jimmy pun meminta nomor hp Karina agar tetap komunikasi.
Setelah beberapa lama mereka berhubungan, Jimmy pun menyatakan perasaannya dan resmilah hubungan mereka. Karina begitu mencintai Jimmy, karena Jimmy begitu perhatian terhadapnya. Semuanya berjalan begitu mulus, sampai suatu ketika Karina sakit.
Awalnya hanya rasa nyeri biasa, tapi lama-kelamaan rasa nyeri di punggungnya semakin sering terasa. Akhirnya Karina memutuskan untuk memeriksakan kondisinya ke dokter, dan Karina begitu shock saat mendengar penjelasan dokter bahwa tulangnya bergeser sehingga rahimnya semakin sempit, dan mengakibatkan siklus bulanannya tidak menentu. Solusi yang ditawarkan dokter adalah Karina harus menjalani operasi dengan biaya 200juta.
Sadar bahwa dirinya tidak mungkin menjalankan operasi cepat karena biaya yang harus dikeluarkan begitu besar, Karina hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri dari rumah sakit. Saat Karina menceritakan keadaannya kepada Jimmy, Jimmy semakin memberikan perhatian kepada Karina, tapi karena jarak mereka yang cukup jauh, Jimmy yang bekerja di Tokyo dan Karina yang berada di Singapura membuat mereka jarang bertemu hanya mengandalkan jadwal kerja Karina yang jika kebetulan terbang ke Tokyo maka mereka bisa bertemu. Walaupun jarang bertemu, Karina tidak merasa kesepian. Karena di Singapura ada Alvin, kakak tingkatnya sewaktu kuliah dulu yang selalu menemani Karina bahkan mendengarkan cerita Karina.
Semakin lama rasa nyeri yang dirasakan Karina semakin sering sehingga membuatnya semakin sering mengkonsumsi obat pereda nyeri dari dokter. Tapi sayang stocknya habis, sehingga Karina bertemu dengan Tina, yang menawarkan obat pereda nyeri yang di sebutnya Lady M dengan harga yang terjangkau.
Awalnya Karina ragu, tapi setelah dia mengkonsumsi Lady M, rasa nyerinya cepat hilang dan tidak terlalu sering terasa. Tapi sayangnya Karina tidak menyadari bahwa obat yang di konsumsinya ternyata adalah barang haram. Saat Karina menyadarinya semua sudah terlambat. Dia telah menjadi pecandu narkotika, dan perusahaannya memecat Karina karena mengetahui hal tersebut.
Selama masa rehabilitasi, Alvin selalu menemani Karina. Selalu Alvin yang ada di sisinya, dan kemanakah Jimmy? Kenapa Jimmy tidak pernah mengunjunginya selama di rehabilitasi? Saat Karina telah bebas dari narkoba dan di perbolehkan keluar dari rehabilitasi, Karina meminta Alvin untuk menemaninya ke Surabaya karena dia ingin bertemu dengan Jimmy. Tapi saat berada di Surabaya, Karina harus menerima kenyataan yang menyakitkan.

c.    Jenis Buku
     Novel “Cinta Di Atas Awan” ini merupakan jenis buku fiksi.

d.    Kepengarangan
     Glenn Alexei merupakan penulis dari novel ini. Novel ini merupakan novel pertama yang ia buat. Ia memiliki hobby traveling, sehingga ia terinspirasi oleh pembuatan novel ini. Kita bisa pula menyapanya melewati akun twitternya yaitu @GlennAlexei.

e.    Penilaian
    Tampilan fisiknya jika dilihat dari cover cukup menarik, komposisinya juga sudah cukup, hanya saja pesawat kertas yang ada ditengah lebih bagus jika warnanya diberi warna soft pink itu lebih baik. Isi novel jika dilihat dari ceritanya memang bagus tapi standar, hanya latar dan cara penulisan saja yang berbeda. Unsur romantisme nya kurang menonjol. Lalu karena medis latar belakang saya, kayaknya aneh saja Karina semudah itu mau obat suntik dibanding obat oral atau minum. Dan menyuntik itu tidak mudah terutama yang menyuntik Intra Vena. Diceritakan dia menyuntik sendiri obat itu. Rasanya aneh saja. Tokoh Alvin dan Jimmy terasa seperti tempelan saja kurang dieksplorasi. Serta bahasa yang digunakan kesannya kaku, mungkin karena sistematika penulisannya terlalu rapi. Tapi sudah tidak masalah, bahasanya jika dibaca mudah dipahami.
     Pesan yang dapat disampaikan dalam novel itu adalah menunjukkan bahwa cinta itu memberi dan menerima segala kekurangan maupun kelebihan yang kita punya.
f.     Kesimpulan
     Novel ini sungguh layak dibaca oleh kalangan remaja ke atas. Karena menurut saya membacanyapun bisa dibaca ketika waktu luang di sore hari. Sedangkan kalimatnyapun tidak berbelit-belit. Ceritanya yang menarikpun dapat membuat kita ikut hanyut dalam ceritanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar